WELCOME TO ALL ABOUT CHIFFON

come n join with us www.ncc-indonesia.com

Rabu, 07 April 2010

BLUEBERRY OREO CHIFFON CAKE



Dear NCCers,
met pagi buat mama chiffon yang baik hati itu, dan temen2 semua....
ABG pagi-pagi mau ikutan meramaikan NCC chiffon week ahhh ... chiffon cake ini aku buat tadi malem, setelah anakku bobo,dengan segala keterbatasan yang ada nih ... hihihi
(gak punya loyang chiffon, jadi pake loyang tulban biasa, bahan juga terbatas ...)

chiffon ini terinspirasi dari sisa oreo new filling (blueberry), enak dehh, udah pada cobain belom? rasanya blueberry dan ada mint-nya gitu ... jadi kalo dimakan asem ... nyesss .... dingin ... (lengkap kan promosinya .. walaupun bukan sales oreo ... hihi) kuputuskan untuk dikombinasi dengan youghurt blueberry .. biar rasanya makin lengkap ... lembuttt ..asem seger ... nyesss dinginnnn ... dan jangan lupa kresskress oreonya mantabhh...  maka jadilah blueberry oreo chiffon cake ini, mudah2an belom ada yang bikin nih :P ... buat pencinta blueberry , mungkin ini bisa jadi salah satu pilihan ... dan ini pertama kalinya aku buat chiffon nihhh ... alhamdulillah lumayan deh kayaknya (kepedean nih...)

berikut resepnya, resep aku ambil dari bbc waktu aku kursus 2 tahun lalu nih, aku modif sendiri:
kuning telur +6 butir (ukuran sedang)
blueberry youghurt  100 gr(kalo aku pake merek cimory, yang kebetulan aku beli di indomaret deket rumah)
Terigu segitiga biru 150 gr
Baking powder 4 gr
Gula pasir (1) 100 gr
Garam 3 gr
Minyak 100 gr
putih telur +6 butir
cream of tar 1 gr
Gula (2) 100 gr
oreo (blueberry) 50 gr, tumbuk kasar
sedikit pasta blueberry/ pewarna ungu (aku pake pasta talas nih, yang ada dirumah)

cara buatnya
1. campur kuning telur dan blueberry youghurt ke dalam mangkuk, aduk dengan whisk
2. ayak tepung dan baking powder, masukkan bersama gula dan garam ke dalam adonan kuning telur diatas, aduk perlahan hingga rata. (ingat, perlahan searah dan jangan kebanyakan aduk loh ... begitu kata gurunya waktu kursus di bbc )
3. masukkan minya ke dalam adonan diatas, aduk dengan whisk lagi
4. kocok putih telur dan cream of tartar hingga berbuih, lalu masukkan gula dan kocok hingga mengembang dan kaku
5. masukkan adonan putih telur ke dalam adonan kuning telur secara bertahap dan aduk hingga rata
6. sisihkan sedikit adonan untuk diberi pasta/ pewarna (kalo diperhatikan aku buatnya 2 lapis loh, tapi sayang kayaknya kurang tebel nih adonan ungunya jadi rada nanggung hasilnya
7. masukkan oreo yang sudah ditumbuk kasar, aduk asal saja
8. Tuang adonan dasar yang sudah diberi oreo ke dalam cetakan chiffon, jangan dipoles (tapi kalo aku pake loyang tulban biasa, jadi poles dulu dengan margarine dan taburi terigu secukupnya)
9. bakar di oven dengan suhu +150C setengah matang aja
10. tuang adonan ungu ke atasnya dan bakar hingga matang, kalau ditotal waktunya mungkin
sekitar 15-20 menit
11. Balik loyang dan langsung deh siap jepret sana-sini, kemudian siap dinikmati

and voalaaaaaa blueberry oreo chiffon cake ...
hope enjoy the picture ...
rgrds
intannia
http://deekookies.blogspot.com



Tidak ada komentar: