WELCOME TO ALL ABOUT CHIFFON

come n join with us www.ncc-indonesia.com

Rabu, 07 April 2010

CHIFFON CAKE : DID YOU KNOW

Apa itu Chiffon Cake ?

Chiffon Cake adalah cake yang sangat ringan terbuat dari minyak sayur, telur, tepung terigu, baking powder dan perisa. Tidak seperti butter (lemak yang biasa dipakai untuk pembuatan kue), memasukkan udara ke minyak lebih sulit jadi chiffon cake seperti layaknya angel cakes dan kue-kue berpori lainnya, mendapatkan tekstur yang sangat lembut dengan mengocok putih telur hingga kaku dan memasukkannya ke dalam adonan kue sebelum dipanggang.

Kandungan minyak dan telur yang cukup banyak membuat kue menjadi sangat lembut dan karena minyak tetap berbentuk cair pada suhu agak dingin maka Chiffon Cake cenderung untuk tidak mengeras atau kering seperti kue-kue berjenis butter cake. Ini lah yang membuat Chiffon Cake sebenarnya lebih cocok dari cake manapun juga untuk dihias dan diberi filling apapun yang memerlukan pendinginan seperti whipcream, ice cream, ganache, dll.  Selain itu, dengan tidak digunakannya butter sebagai lemak pada Chiffon Cake menjadikan si Chiffon Cake ini menjadi kue yang low fat alias rendah lemak dibanding dengan butter cake, bisa menjadikan Chiffon Cake menjadi kue yang "lebih sehat" dibanding kue-kue yang mengandung butter banya.  Meskipun dengan tidak digunakannya butter pada pembuatannya bisa berarti Chiffon Cake kehilangan rasa gurih yang biasa terdapat pada butter cakes, tetapi hal ini justru membuat para pembuat Chiffon Cakes menjadi kreatif dengan menghadirkan Chiffon dalam berbagai rasa ataupun menyajikan Chiffon Cake dengan saus berbagai rasa, cokelat ataupun buah sebagai temannya.


Sejarah Chiffon Cake

Chiffon Cake pertama kali dibuat oleh seorang pegawai asuransi bernama Harry Baker pada tahun 1927.  Seiring dengan tersebarnya berita mengenai cake yang sangat spongy dan lembut ini membuat Harry terus dimintai resep oleh berbagai kalangan tapi selama 20 tahun Harry Baker menyimpan rahasia mengenai pembuatan chiffon cake ini.  Chiffon Cake tidak dibuat massal oleh Harry, dia membuatnya sangat terbatas hanya untuk para bintang Hollywood dan menjualnya khusus di restoran Brown Derby yang sangat terkenal saat itu sebagai makanan penutup.

Hingga pada akhirnya setelah 20 tahun resep Chiffon Cake hanya diketahui oleh penemunya, maka Harry Baker pun menjual resep tersebut kepada General Mills dengan alasan supaya "Betty Crocker", wanita fiksi yang merupakan icon dan nama merk dari anak perusahaan General Mills, dapat menyebarluaskan rahasia pembuatan Chiffon Cake kepada para wanita di AS.

Pada tahun 1948 General Mills resmi menerbitkan resep Chiffon Cake di majalah Better Homes and Gardens, hingga akhirnya terjadi kehebohan massal -,- (bahasanya ngaco nih).  Bahan rahasia yang telah menjadikan cake ini begitu beda dengan cake lainnya akhirnya terbongkar, apalagi kalo bukan minyak sayur. Majalah Better Homes and Gardens menamakan Chiffon Cake sebagai "The first really new cake in 100 years."

Pada tahun 1950 General Mills mensponsori Lomba membuat Chiffon Cake dan sudah bisa diduga, para peserta pun membuat Chiffon Cake dengan berbagai rasa hehehehehe.... Mirip nih seperti Chiffon Week.  Pasti bakal ada ada rasa-rasa Chiffon yang ajaib and you've never expected it before :D

Tidak ada komentar: