WELCOME TO ALL ABOUT CHIFFON

come n join with us www.ncc-indonesia.com

Rabu, 07 April 2010

CHIFFON JAMBU MERAH

Ibu Host ... mbak Lian.... laporan perdana untuk mengukuhkan Chiffon Week
Barusan mbak Fat bilang Chiffon Jambu Biji Merah khannn
*mak cengkling..... JADI! *
abrakadabra... bim salabim...

Chiffon Jambu Biji ala Etjo
Bahan :
5 kuning telur
7 putih telur
225 gr gula castor
200 gr tepung terigu
1 sdt baking powder
1/2 sdt soda kue
1 sdt vanilla bubuk
100 cc minyak sayur
100 gr daging buah jambu biji merah
100 cc juice jambu kemasan
1 bks nutri jelly rasa jambu ukuran ekonomis
1 bks nutrisari rasa jambu biji
Hiasan :
parutan white cooking chocolate
white cooking chocolate yang dilelehkan
potongan daging jambu biji

Cara membuat :
1. Panaskan oven pada suhu 160 C bersama dengan loyang chiffon yang kosong tanpa dioles mentega/dialas kertas roti yang ditaruh diatas loyang tipis lain (loyang kue kering) agar loyang panas.
2. Blender daging buah jambu yg sudah dibuang bijinya dengan 1 sachet minuman serbuk kemasan serta juice jambu biji (50 cc)
3. Aduk terigu+jelly bubuk+vanilla bubuk+baking powder+soda kue+garam di mangkuk.
4. Tambahkan jambu blender dan minyak ke dalam tepung, aduk hingga rata.
5. Masukkan kuning telur satu persatu sambil diaduk sampai rata setiap kali kuning telur masuk (untuk menjaga agar adonan halus/ tidak bergerindil)
6. Masukkan sisa juice jambu (50 cc) dengan cara yang sama (sedikit demi sedikit, sambil terus diaduk)
7. Kocok putih telur hingga berbusa, kemudian masukkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil tetap dikocok hingga kaku, sisihkan.
8. Masukkan sedikit putih telur kocok ke adonan jambu, aduk balik dengan spatula (jangan terlalu banyak mengaduk dengan kekuatan, sedikit gerakan namun rata). Tambahkan putih telur dan aduk kembali hingga kepekatan adonan jambu tidak jauh berbeda dengan putih telur kocok. Saat mencapai titik tsb, masukkan seluruh adonan jambu ke sisa putih telur kocok, aduk rata.
9. Tuangkan adonan dalam loyang chiffon yang sudah panas. Perhatikan bahwa jumlah adonan mentah yg masuk loyang mestinya 1/2 dari ketinggian loyang. Hal ini mempengaruhi hasil akhir. Chiffon yg retak/terbelah permukaannya sebabnya ada dua, suhu pemanggangan yg terlalu tinggi di awal dan kapasitas loyang yang terlalu kecil.
10. Panggang dalam oven dengan suhu 160C (suhu kecil krn volume chiffon akan tebal jika api terlalu besar dengan ketebalan adonan chiffon maka luar akan gosong sementara bagian dalam belum matang sempurna) selama 1 jam (SATU JAM) dan kemudian diteruskan dengan membesarkan oven hingga 180C dan tetap bakar chiffon selama 15 menit lagi.
11. Begitu waktu berakhir, langsung keluarkan loyang dari oven, dan balik loyang ..(jika memakai loyang chiffon berkaki) atau gantung di botol (jika loyang tidak mempunyai kaki)
Karena lengket, dan pemanggangan lama sehingga lapis luar chiffon kering, membalik loyang tak membuat kue jatuh  ,Biarkan kue dalam loyang dengan kondisi terbalik hingga loyang benar benar dingin (kue dingin).
12. Dengan memakai bantuan pisau, kerat sekeliling lingkar luar chiffon, dan keluarkan loyang bagian luar dengan mendorong dari bawah kue ke atas.
13. Dengan bantuan tusuk sate, kerat lingkar dalam chiffon, kemudian, kerat bagian bawah chiffon. Balik atau angkat dengan tangan *hiks klo dah biasa*
14. Hias dengan White Cooking Chocolate dan potongan buah jambu biji merah

wekekekekek
laporan ulang kerjaan KBBku ....
Lengkapnya :
Aduh Chiffon lagi ... lagi lagi Chiffon....
Salaam,
Lukie

__._,_.___

__,_._,___



Tidak ada komentar: