WELCOME TO ALL ABOUT CHIFFON

come n join with us www.ncc-indonesia.com

Rabu, 07 April 2010

CHIFFON CAKE PISANG TEPUNG BERAS TANPA SUSU

karena banyak yang titik dan sudah dijawab ma teman2 dimilis jadi ketauan deh kalo 
HB : holand bakery
SR : sari roti
IS : istana serpong   , jadi udah jelaskan cluenya hehehhehehhehehehehehehehe
Masih penasaran sama tekstur yg mirip chiffon cake di H.........B......... juga merk roti S.....R......(ini jual chiffon cake juga). Kalo chiffon cake keju yg pernah nur el buat teksturnya mirip sama yg pernah nur el beli di yg punya merk I.......S........ letaknya di BSD apa hayo? Pasti pada kenal deh...:) Bukan berarti yg di I..........S........ tdk enak cuma penasaran sama yg lembuuuuuut tapi ga kayak makan cake kukus.
Bikin ini krn ada rencana akan diadakan Chiffon Week yg akan diadakan oleh milis NCC. Jadi deh berkhayal, merangkai2 resep jadilah ini percobaan pertama (sumber inspirasi Cake Pisang Kismis Tepung Beras-pernah diikut sertakan waktu NCC ngadain Banana Week, resepnya ada diblog ini).

Pinginnya dapet tekstur kayak chiffon cake di H...........B........ atau merk roti S.....R..... Setelah memutar otak dng sumber inspirasi Chiffon Cake Keju (ada diblog nur el resepnya, hasilnya bertekstur spt chiffon cake yg ada di I........S........Toko kue di BSD dan H.............B............., akhirnya jadilah resep ini

Bahan A:
1. Tepung beras putih 100 gr.
2. Tepung sagu 15 gr.
3. Minyak sayur  50 ml.
4. Kuning telur 4 butir.
5. Gula palem 50 gr.
6. Vanili bubuk 1/3 sdt.
7. Pisang ambon 150 gr.

Bahan B:
1. Gula palem 35 gr.
2. Putih telur 4 butir.


Cara Membuat:
1. Adonan A:
Campur tepung beras, dan tepung sagu, aduk hingga rata.Diayak. Masukkan gula palem, aduk rata. Sisihkan. Blender pisang. Sisihkan. Lubangi bagian tengah campuran tepung dan gula palem. Masukkan telur yg sudah dikocok bersama vanili bubuk. Aduk hingga rata dng spatula. Masukkan pisang aduk hingga rata menggunakan pengocok kawat. Masukkan minyak sayur, aduk hingga adonan licin dng menggunakan pengocok kawat.
2. Panaskan oven pada suhu 150 derajat celsius, lama pamanasan tergantung oven masing2.
3. Adonan B: Kocok putih telur hingga berbusa, lalu masukkan gula palem sedikit demi sedikit. Sambil terus diaduk hingga adonan kaku (kalo dibalik tidak tumpah).
4. Campurkan adonan A kedalam adonan B sambil diaduk perlahan dengan pengocok kawat (satu arah) hingga rata tapi jangan lama2 nanti keburu cair adonannya.
5. Tuang ke dalam loyang chiffon diameter bawah 20 cm yg tidak dioles apapun (liat di toko2 kue penampakannya kayak yg ada di NCC,tanpa dioles apapun). Dan sudah diletakkan diatas loyang kuker. Cepat2 masukkan ke dalam oven. Panggang selama kurleb 25 - 30 menit atau permukaannya kalo ditekan masih membal.
6. Keluarkan cake dr oven. Langsung balikkan loyang biarkan hingga dingin.
7. Setelah dingin, keluarkan cake dr loyang dng bantuan pisau kue (takut2 kalo ada yg menempel dipinggiran loyang), gerakkannya jangan naik-turun. Begitu juga bagian dasarnya (caranya jng smp memegang bagian atas cake krn bagian atasnya mudah menempel. Setelah cake mau copot dr bagian tengahnya, cepat2 dipegang dng hati2 cakenya dan ditarik pelan loyang bagian tengahnya). Langsung diletakkan diatas rak kawat atau langsung dipotong2 diletakkan diatas piring saji.
8. Siap tuk disantap.

Cake ini pisangnya berasa dan lembuuuut banget, kalo kata papa dan mbak (pbt) lembutnya kayak kapas.
Catatan: Waktu mau nuang adonan cake kedlm loyang, apabila ada yg sudah cair atau encer banget atau sudah berwarna kuning jng ikut dimasukkan yah krn nantinya bisa membuat ada bagian yg bantet dicakenya saat setelah matang (pengalaman pribadi nih).


Nur El Imany

Tidak ada komentar: