WELCOME TO ALL ABOUT CHIFFON

come n join with us www.ncc-indonesia.com

Jumat, 30 April 2010

Beetroot Chiffon Cake by Nelya Prasongko


Ikutan ah...

Awalnya bingung mo ikutan chiffon week tapi belom ada ide mo bikin chiffon dari bahan apa, ndilalah hari sabtu bosku minta dibikinin kue atau sejenis bolu yang lembut soalnya beliau lagi bermasalah dengan giginya..

Pulang kerja langsung puter otak mo dibikinin apa secara beliau makanannya tergolong “sehat” banget.. malem2 pas lagi duduk2 ma keluarga.. Criiing !!  langsung keingetan kalo beliau suka banget buah beet dan kenapa nggak juga dibikin chiffon sekalian bisa ikutan chiffon week.. tralala trilili... besoknya langsung deh ke giant terdekat nyari beet untungnya ada yang buka pagi.. Setelah komprang kampring di dapur Alhamdulillah jadi yuhuuuuuu… hasilnya lembuuut banget dan ga’ begitu manis (kalo ini yakin bos bakalan suka), suami dan anak yang biasanya ga’ terlalu suka kue jenis bolu2an malah suka banget pas dibawa ke kantor hari ini setengah loyang (udah dipotong2) bosku ternyata sukaaaaaa... hehehe rasanya sueneng banget malah bosku minta dibikin lagi ..:D

Beetroot Chiffon Cake
Bahan A :
- 8 kuning telur
80ml santan
50ml sari buah beet (peras airnya dengan menggunakan juicer)
- 75ml  minyak goreng
- 120 gr terigu protein sedang
- 10 gr maizena

Bahan B :
- 6 putih telur
- 125 gr gula kastor
- 10 gr maizena
- 1 sdt vanilla essence (sebenernya yang ini buat jaga2 kalo bau beet dan telurnya terlalu kuat)

Cara membuat :
- Campur  kuning telur, sari buah beet,  santan dan minyak goreng aduk sampai tercampur rata .
- Masukkan tepung terigu dan maizena ke dalamn adonan kuning telur dengan menggunakan whisker, Aduk sampai rata dan tidak bergerindil.
- Di wadah terpisah, Kocok putih telur sampe berbusa, masukkan gula sedikit demi sedikit, kocok terus sampe mulai berjejak, tambahkan maizena dan vanilla essence, kocok lagi sampe soft peak.
- Masukkan 3 sendok kocokan putih telur ke dalam campuran tepung dan aduk rata perlahan sampai tercampur.  Dan Ulangi sampai kocokan putih telur habis , aduk rata kembali.
Tuang adonan ke dalam loyang chiffon yang tidak dioles lemak sama sekali.  Oven selama kurleb 45 menit dengan suhu 160 derajat dengan menggunakan api bawah terlebih dahulu dan Tambahkan dengan api atas saat 5 menit terakhir.
- Setelan chiffon matang angkat dan balikkan loyang panas di atas botol, diamkan sampai dingin. Setelah dingin, kerat bagian bawah menggunakan pisau. Bagian dalam dikerat menggunakan tusuk sate.


Tidak ada komentar: